Kriteria anggota Legislatif

Menarik menyimak “Suara Anda” di Metro TV, Kamis, 12 Februari 2008, “Kriteria Calon Anggota Legislatif” demikian bahasannya. Hasil survei yang dilakukan salah satu lembaga survei mengemukakan bahwa rakyat – apabila diurutkan – mengharapkan wakil rakyat yang akan duduk di lembaga legislatif memiliki integritas diri, empati, dan kompetensi.

Mengapa integritas diri menjadi pilihan utama? Jika dicermati, selama ini, kehormatan yang melekat pada anggota dewan sebagai wakil rakyat seringkali dikotori oleh perilaku anggota (oknum) dewan sendiri, seperti kasus korupsi, narkoba, sampai pelecehan seksual. Artinya, perilaku dewan yang demikian telah memunculkan kekesalan rakyat pada wakilnya itu, sekaligus menunjukkan penilaian rakyat bahwa mereka – legislatif itu – tidak menjunjung tinggi integritas diri.

Ketika sudah tidak menjunjung integritas diri, bagaimana mungkin bisa diharapakan untuk berempati terhadap rakyat dan penderitaannya. Lihat contoh, ketika rakyat harus antri berdesak-desakan -bahkan sampai meninggal dunia-hanya untuk mendapatkan uang Rp 300.000,- yang menjadi jatah dari program BLT, anggota dewan dengan “entengnya” “neken” uang tunjangan anggota dewan dan “tektekbengeknya” – yang sangat besar itu -.

Benar bahwa ketiadaan empati anggota dewan terhadap penderitaan rakyat adalah wujud ketiadaan integritas diri dan bisa jadi hal itu muncul karena rendahnya kompetensi anggota dewan untuk mampu memahami persoalan rakyat dan bangsa.

Bagi saya, integritas diri, empati, dan kompetensi mestinya beriringan dalam porsi yang sama, tidak yang satu lebih unggul dibanding yang lainnya. Sebab wakil rakyat akan semakin terhormat apabila ia mempunyai ketiga kriteria itu. Akhirnya, mari membaca dan mengenali kembali siapa calon wakil kita yang akan bertarung pada 9 April 2009 mendatang.

Semoga “kita tidak membeli kucing dalam karung”.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s