Masyarakat Baduy Ikut Pemilu
Senin, 23 Februari 2009 , 00:15:00
LEBAK, (PRLM).- Komunitas masyarakat adat Baduy dipastikan akan mengikuti pemilihan umum (pemilu) legislatif dan pemilu presiden langsung untuk pertama kalinya. Kesiapan masyarakat Baduy dalam mengikuti pesta demokrasi secara langsung kali ini, secara resmi telah dinyatakan dalam sebuah keputusan adat beberapa waktu lalu.  

Keputusan adat berupa imbauan pada seluruh komunitas adat Baduy untuk mengikuti pemilu pasca Orde Baru ini merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun 2004, masyarakat melalui surat resmi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan tidak akan mengikuti pemilu. Alasanya, karena waktu pelaksanaan pemilu bersamaan dengan Kawalu atau bulan larangan bagi masyarakat adat Baduy untuk menyelenggarakan hajat besar.

Untuk menghadapi pemilu kali ini, kemarin, masyarakat Baduy menggelar rapat khusus yang dihadiri perangkat adat Baduy, mulai dari Tangkesan (penasihat) Jaro Tujuh, perwakilan masyarakat Baduy Dalam, serta seluruh perwakilan masyarakat Baduy yang tersebar di 59 kampung.

Hal yang istimewa, rapat kali ini, dihadir pula oleh Direktur Utama PT Pikiran Rakyat H.. Syafik Umar beserta rombongan, H. Kasmin Bin Sailan, serta sekretaris Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (Wammby) Ir. Iman Sholichudin.

Pada pemilu kali ini, masyarkat Baduy yang mempunyai hak pilih berjumlah 6.328 orang dari jumlah penduduk 10.941 jiwa yang tersebar di 59 kampung di Baduy Luar dan tiga kapuunan di Baduy Dalam

Dalam arahannya, Tangkesan, dan perwakilan Kapuunan Cibeo, Ayah Mursid mengingatkan seluruh masyarakat Baduy untuk melaksanakan amatan adat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilu legislatif dan pemilu presiden.

“Kita akan menghadapi berbagai cobaan seperti adanya iming-iming dari para calon. Yang terpenting, kita harus mampu menjaga keutuhan dan kekompakan, dan jangan sampai terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan dalam pemilu nanti,” ujar Tangkesan, dan ayah Mursid dalam Bahasa Sunda.

Kepala Desa Kaneneks, yang juga merupakan penghubung resmi masyarakat Baduy dengan masyarakat luar, Jaro Dainah meminta seluruh aparat desa untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu.

“Sebagai kepala desa, saya meminta seluruh “panggiwa” (perangkat desa) dan jaro, serta masyarakat untuk terus menjaga wilayah melalui ronda selama 24 jam. Kegiatan ini diperlukan untuk mencegah masuknya orang-orang yang dapat memecah belah persatuan masyarakat untuk kepentingan pemilu,” ujar Dainah

Berdasarkan keputusan perangkat adat, kata Dainah, warga Baduy hanya akan menggunakan hak pilihnya pada dua lokasi tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 17 TPS yang akan disiapkan oleh KPUD Lebak.

“TPS yang akan disiapkan di Baduy berjumlah 17. Tapi kami hanya akan menggunakan dua TPS yaitu yang berada di Kaduketug dan Cicakal Girang, sesuai dengan keputusan adat. Kami harap tidak ada batasan jumlah pemilih di TPS, karena masyarakat hanya kami undang untuk hadir di dua TPS itu,” ujar Dainah pada Dirut PR H. Syafik Umar dalam sebuah wawancara khusus seusai acara rapat.

Pada kedatangannya yang kedua dalam empat bulan terakhir ini, H. Syafik didampingi Sekretaris Perusahaan PT Pikiran Rakyat Herman Saputra, Direktur HU Fajar Banten H. Akhmad Syaftari, Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan H. Agus Sandjadirdja, dan Pemimpin Redaksi Rachmat Ginandjar.

Dalam kesempatan tersebut H. Syafik menyerahkan sebuah cinderamata berupa tulisan nya sendiri yang menceritakan tentang masyarakat Baduy yang dimuat di HU Pikiran Rakyat. Tulisan tersebut mrupakan bagian dari hasil kunjungan pertama H. Syafik ke Baduy pada Oktober 2008. Selain itu, H. Syafik juga menyerahkan bingkisan bahan makanan kepada Jaro Dainah. (H-25/A-26).***

Sumber: HU. Pikiran Rakyat

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s