Dikdik

Dikdik Baehaqi Arif adalah anak ketiga dari tujuh bersaudara, lahir dari keluarga sederhana di Garut, 17 Januari 1982 dari pasangan Bapak Burhanudin — yang saban hari aktifitasnya sebagai guru honorer di MTs dan MA swasta, menjadi guru ngaji di madrasah diniyah dan masjid jami’ yang ada di samping rumah kami, dan kalau tidak sedang ada jadwal ngajar, bapak ke sawah/kebun, menjadi buruh tani — dan ema Ate Rokanah — ibu rumah tangga biasa yang setiap jam 4.00 pagi pagi pergi ke pasar, belanja berbagai kebutuhan untuk kembali dijual di warung mini di samping rumah kami, warung mini ini hanya berukuran 1×2 m, karena itu warung mini ini tidak seperti toko/kios/warung besar yang menyediakan aneka kebutuhan hidup, tetapi hanya menyediakan kebutuhan untuk sarapan/makan keluarga-keluarga di samping rumah kami – yang sebagian besar masih terikat saudara — dan jajanan ringan untuk anak-anak sekolah dasar (madrasah ibtidaiyah) yang ada di samping rumah kami.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Cikembulan IV (1995), Dikdik melanjutkan pendidikan di MTs Muhammadiyah Cisaat Kadungora Garut sekitar 3 bulan, kemudian pindah ke SMP Muhammadiyah 1 di Bandung (lulus 1998). Pendidikan menengahnya diselesaikan di SMA Negeri 22 Bandung (lulus 2001). Sempat diterima di Jurusan PAI IAIN (Sekarang UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, tapi kemudian memilih Universitas Pendidikan Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan tingginya. Di UPI, Dikdik mengambil Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk jenjang sarjana (lulus tahun 2006), dan Program studi Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Pascasarjana UPI untuk jenjang pascasarjana (lulus 2008).

Pada 15 Mei 2010 Dikdik menikah dengan Astri Fatimah, SH.,MH di Bandung. Saat ini dikaruniai seorang putra Rakan Azka Baqi Baehaqi, lahir pada 10 Agustus 2011 (10 Ramadhan 1432 H) dan seorang putri Kinanti Nasywaputri Baehaqi, lahir pada 9 Desember 2013 (6 Shafar 1435 H).

Dikdik pernah menjadi Sekretaris Penyunting Acta Civicus: Jurnal PKn SPs UPI, mengajar di STKIP Garut, STKIP Ahmad Dahlan Subang, dan AKPER/AKBID Aisyiyah Bandung. Saat ini, menjadi tenaga pengajar pada Program Studi PPKn FKIP Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Untuk keperluan akademik dapat melalui e-mail: dik2baehaqi[at]yahoo.com; cikaracak[at]gmail.com; atau dikdikbaehaqi[at]ppkn.uad.ac.id

 

8 thoughts on “Dikdik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s